Jun 25, 2014

Tokoh Kungfu Yang Melegenda



Kungfu adalah seni bela diri yang berasal dari Negeri Tirai Bambu atau China. Jenis bela diri ini bahkan sudah terkenal di seluruh penjuru dunia dan melahirkan banyak tokoh-tokoh terkenal. Bila selama ini kita hanya mengenal Jacky Chan sebagai tokoh kungfu, nah sekarang saatnya kita mengenal tokoh kungfu yang lainnya lebih dalam lagi.
  

A. Bodhidharma 



Bodhidharma terkenal dengan ilmunya yaitu Ilmu Perubahan Urat & Otot ( Yi Jin Jing/I Chin Cing), 9 Matahari (Kiu Yang Cin Keng), 5 Jurus Hewan dan lain sebagainya. Namun ilmu nya yang melegenda itu sudah lenyap. Beliau suka bertapa dan bahkan sejarah menulis bahwa beliau pernah bertapa selama 9 tahun. Salah satu keahlian beliau yang cukup terkenal adalah ketika beliau menyebarang lautan hingga ke tiongkok, beliau hanya berdiri di atas sebatang dahan kecil dan Goa tempat pertapaan nya meninggalkan bayangan lekuk tubuhnya pada saat bermeditasi di tembok Goa hingga kini. Bahkan selama bermeditasi 9 tahun di Goa tersebut, Bodhidharma mampu mendengar pembicaraan berbagai mahluk hidup.

B.  Thio Sam Hong

Perjalanan Thio Sam Hong dimulai ketika dirinya masih belajar di Kuil Shaolin, namun karena diperlakukan tidak semena-mena oleh para senior akhirnya beliau memutuskan untuk keluar. Thio Sam Hong sangat peka terhadap fenomena alam, inilah yang mendasari  ilmu beladiri nya. Beliau bertapa di Goa untuk belajar dan menyempurnakan ilmu nya. Setelah ilmunya sempurna, Beliau pun menguji ilmu nya dengan pertarungan. Pertarungan yang sangat terkenal adalah antara Thio Sam Hong dengan Pegulat asal Mongol yang sangant kuat serta telah mengalahkan pendekar Kungfu lain. Pertarungan tersebut dimenangkan oleh Thio Sam Hong dengan ilmu nya yaitu Tai Chi.
Pertarungan yang lain adalah antara Thio Sam Hong seorang diri dengan tangan kosong mengalahkan lebih dari 100 orang Gangster di sarang penyamun.
Thio Sam Hong juga mendirikan Perguruan Wudang dengan basis utama pengajaran : Taoisme. Thio Sam Hong hidup di 3 zaman, yaitu Dinasti Sung, Dinasti Yuan dan Dinasti Ming ( Han ).


C. Yue Fei



Yue Fei adalah seorang jendral pada masa Dinasti Sung yang sangat setia dan berani dalam membela negara. Sebagai seorang jendral, Ye Fei terkenal mengusai ilmu bela diri.  Beliau juga pencipta kungfu internal dan eksternal, yakni Hsing – I (Xing Yi) dan Eng Jiaw (Cakar Elang). Dalam menggunakan senjata, Yue Fei sangat ahli dalam 18 senjata Shaolin khususnya tombak. Keahlian tombak Yue Fei setara dengan ilmu tombak keluarga Yang, yaitu ilmu tombak yang sangat tinggi dan hanya beberapa pendekar saja yang mengusainya. Namun tidak hanya itu, Yue Fei pun sangat ahli dalam pertarungan dengan tangan kosong.

D. Wong Fei Hung
 

Wong Fei Hung terkenal sebagai ahli kungfu dan Shinse akupuntur serta pendiri rumah obat yang telah mengobati banyak penyakit. Ilmu kungfunya yang sangat terkenal adalah Ilmu pasangan Harimau dan Bangau, Tendangan Tanpa Bayangan, Toan Ta, Toya 8 Diagram dan lain-lain.
Pertarunga n yang terkenal adalah saat Wong menjatuhkan lebih dari 50 pesilat gangster/bajak laut di pelabuhan hanya dengan sebatang toya dan saat itu beliau bersama dengan Liu Yong Fu berperang langsung dengan tentara Jepang di Taiwan.
Wong Fei Hung adalah murid dari Pengemis Sakti So, Lam Fuk Sing dan ayahnya sendiri (Wong Kei Ying). Wong juga menghasilkan murid terkenal seperti Lam Sai Wing, Leung Fong, Tang Fung dan Lin Wan Gai.

E. Hua Yan Jia

Hua Yuan Jia terkenal sebagai pendekar kungfu yang sangat nasionalis dan merupakan pendiri Chin Woo Athletic Association. Chin Woo Athletic Association hingga kini tersebar lebih dari 50 cabang di USA, Kanada, Argentina,  Hongkong, Jepang, Malaysia, Australia dan lain-lain. Selama hidup nya, Hua banyak mengalahkan praktisi aliran bela diri dari berbagai negara seperti pegulat, petinju, pejudo, dan karateka. Hua meninggal pada umur 42 tahun 1910 dan diyakini sebab kematiannya adalah karena racun arsenik.

F. Bruce Lee
 

Kita pasti sudah tak asing lagi mendengar nama ini. Bruce Lee terkenal sebagai ahli kungfu sekaligus seorang aktor. Semasa hidupnya, beliau terkenal dengan sejumlah pertarungan nyata dengan praktisi bela diri baik pada masa syuting film maupun hari-hari yang telah ditentukan.
Pertarungan nya sering dimenangkan dalam hitungan detik. Namun pertarungan terlama nya adalah saat bertarung dengan Wong Jack Man, seorang ahli Xing Yi, Kungfu Shaolin dan Tai Chi. Pertarungan tersebut di menangkan oleh Bruce Lee dan beliau juga menciptakan aliran bela diri baru yaitu Jeet Kune Do.



No comments:

Post a Comment