Apr 26, 2015

Mari Mengenal Flora dan Fauna Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam, Flora dan Fauna. Banyak diantara kekayaan Flora dan Fauna di Indonesia merupakan endemik atau hanya hidup dan tumbuh di Indonesia saja. Namun sayang, kekayaan negara kita seperti Flora dan Fauna yang seharusnya menjadi kebanggaan bangsa dan patut untuk dilestarikan, kini kelestariannya mulai memudar seiring perkembangan zaman.
Saya tidak perlu membahas panjang lebar tentang itu, Kali ini kita sharing pengetahuan tentang Flora dan Fauna asli yang hanya ada di Indonesia. Check this out ...!

Ø  Rafflesia Arnoldi

Flora ini semenjak tahun 1990 dinobatkan sebagai Puspa Nasional Indonesia yang dijuluki ‘Puspa Langka’. Rafflesia sendiri dinominasikan sebagai bunga terbesar di dunia ( waahh keren kan…). Flora yang hanya tumbuh di tanah Aceh, Sumatera Barat dan Bengkulu ini saat mekar mempunyai diameter bunga 100 cm. Rafflesia terdiri atas lima kelopak bunga berwarna merah tua dengan bercak oranye dan mahkota bunga yang membentuk tabung. Berat flora ini mencapai 7 kg dan tabung mahkota nya bias menampung 6 liter air. Semua jenis rafflesia tidak memliki klorofil dan tidak bisa menghasilkan makanan sendiri. Karena itu, hidup rafflesia ini sangat bergatung pada tanaman lain. Rafflesia harus tumbuh menempel pada tanaman lain ( Istilah biology nya : Tetrasigma glabaratum dan Tetrasigma lanceolarium ) untuk mendapatkan makanan.

Ø  Rafflesia Hasselti

Rafflesia hasselti merupakan jenis rafflesia yang hanya tumbuh di sumatera, diantaranya dapat kita temukan di Sumatera Barat, Riau dan Jambi. Bunga raflesia ini berwarna merah bata dengan bercak putih yang cukup banyak. Karena warna bunganya ini, raflesia dijuluki sebagai ‘ raflesia merah putih’. Bercak inilah yang membedakan bunga ini dari jenis raflesia lainnya. Saat mekar sempurna, garis tengahnya bisa mencapai 35-50 cm. satu bunga ini terdiri atas lima helai mahkota bunga.

---Bersambung...

Thanks for read this !

No comments:

Post a Comment